3 Elemen Desain Penyenang Hati

2m — Butuh 2 menit untuk membaca artikel ini

Pada artikel sebelumnya saya menulis bahwa pengunjung yang senang adalah pengunjung yang terbaik. Pada artikel ini, saya ingin berbagi 3 elemen desain yang krusial untuk membuat pengunjung website-mu tersenyum lebar seperti Joker.

1. Visceral
Manusia senang pada sesuatu yang indah. Kita menyukai wajah yang cantik, warna yang cerah, bau yang harum, dan bentuk yang menarik. Desain website yang bagus membuat pengunjung lebih betah berlama-lama. Desain yang bagus juga menaikkan kredibilitas website. Gunakan layout, typography, dan warna yang disukai manusia untuk memenuhi elemen ini.

2. Behavioral
User experience yang sering kita akhir-akhir ini termasuk dalam elemen behavioral. Perhatikan user experience yang kamu tanamkan dalam website. Pengunjung menyukai sesuatu yang mudah mereka pahami dan gunakan. Contoh sederhana, pastikan bahwa pengunjung dapat membedakan text yang merupakan link dan text yang bukan link dengan mudah. Apabila kamu ingin mempelajari user experience, kamu harus membaca buku “Don’t Make Me Think” karangan Steve Krug. Saya tidak terlalu perduli apakah kamu mau membeli atau mencuri buku tersebut. Harus baca!

3. Reflective
Apa yang pengunjung dapatkan melalui website kamu? Dalam dunia offline, seseorang rela membeli jam seharga 10 juta untuk menaikkan harga diri mereka. Padahal ada jam seharga 300 ribu yang dapat menunjukkan waktu lebih tepat daripada jam 10 juta tersebut. Dulu saya sering mendengar teman saya membanggakan temen friendster yang banyak. Tahun lalu, saya sering mendengar orang membanggakan badge foursquare-nya. Putar otak dan beri nilai lebih pada website kamu seperti contoh yang saya sebutkan. Ini bisa membantu meningkatkan loyalitas pengunjung sekaligus membuat mereka senang.

Untuk membuat pengunjung senang tentu ada faktor lain di luar 3 elemen desain di atas. Teknik copywriting dan marketing akan sangat membantu. Memberikan barang gratisan tetap terbukti sebagai teknik yang ampuh, apalagi mengratiskan semua barang daganganmu.

Leave a Comment