Desain Bukan Seni

1m — Butuh 1 menit untuk membaca artikel ini

Desain dan seni adalah dua hal yang berbeda meskipun banyak orang yang menganggapnya sama. Melalui seni, seorang seniman dapat mengekspresikan diri dengan bebas. Sedangkan seorang desainer diharapkan untuk dapat menciptakan sesuatu yang fungsional.

Beberapa waktu lalu, saya sempat memperhatikan seorang graphic designer yang sedang mengerjakan desain web. Desain tersebut terlalu kompleks dan hampir kehilangan fungsinya. Orang awam mempunyai 77% kemungkinan tersesat saat menggunakan web tersebut. Saya bertanya, “Kenapa kamu tidak mencoba sesuatu yg lebih simple?” Dengan enteng dia menjawab, “Ini namanya seni!” Saya memang bukan seniman, tapi saya tidak bodoh. Jadi saya tau kalau itu bukan seni yang bagus. Saya juga tau kalau itu bukan desain yang bagus! Semoga suatu saat nanti dia bisa mencapai pencerahan.

Tugas utama seorang desainer adalah memecahkan masalah, bukan menciptakan sesuatu yang indah apalagi sesuatu yang hancur. Menciptakan sesuatu yang indah menjadi salah satu tugas untuk desainer karena tampilan yang indah memecahkan masalah. Tampilan yang indah adalah solusi agar desain tersebut lebih fungsional. Tampilan yang indah membuat manusia lebih mudah memahami suatu desain.

Saat kamu ingin mengekspresikan diri, just go nuts! Mungkin kamu bisa menciptakan karya seni yang bernilai tinggi. Tapi seluruh umat manusia berharap kamu tidak menyebutnya sebagai desain.

Saat kamu ingin mendesain sesuatu, lakukan langkah berikut: pelajari permasalahannya, tetapkan tujuan yang ingin dicapai, barulah ciptakan solusinya melalui desain.

Bagaimana menurutmu?

One thought on “Desain Bukan Seni

Leave a Comment