Memulai Bisnis Sendiri

1m — Butuh 1 menit untuk membaca artikel ini

Ulang tahun ke-27 aku sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Beberapa bulan sebelumnya, aku telah mengajukan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah aku jalani 3,5 tahun. Jadi hari terakhirku di kantor berbarengan dengan hari ulang tahunku.

Aku berencana kembali ke Jakarta dan membuka Digital Agency bersama 2 orang teman kuliahku. Bagi kebanyakan orang, keluar dari pekerjaan utama dengan bayaran yang cukup tinggi dan kembali memulai dari bawah adalah hal yang menakutkan. Sebelum hari itu tiba, aku juga berpikir seperti itu. Hari ini telah tiba. Anehnya aku tidak merasa takut. Mungkin karena aku sudah merencanakan ini seumur hidupku.

Pindah dari Malang ke Jakarta berarti aku harus melakukan hubungan jarak jauh dengan Mira. Untungnya, dia mengerti dan merelakan aku untuk mengejar apa yang aku inginkan. Mungkin suatu hari nanti dia akan meminta aku untuk menebus keegoisanku kali ini.

Hari ini tepat 1 minggu aku menjalani bisnisku sendiri. Harus kuakui kalau ini menyenangkan. Aku bisa melakukan apapun yang aku mau dan aku juga lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Mungkin terlalu cepat untuk merasa senang. Mungkin beberapa minggu lagi aku harus memutar otak untuk mendapatkan uang agar bisa makan. Tapi aku tidak terlalu peduli dengan itu. Dengan ini, aku bisa fokus untuk menjadi seorang designer yang lebih baik. Seperti kata designer favoritku, “Do what you love, love what you do.

2 thoughts on “Memulai Bisnis Sendiri

Leave a Comment